Wednesday, March 11, 2020

Motivasi Karyawan: Apa manfaatnya bagi perusahaan?


Motivasi karyawan dapat dianggap sebagai tingkat energi, komitmen, ketekunan, dan kreativitas yang dibawa karyawan ke dalam pekerjaan mereka. Pekerjaan yang tidak tuntas terkadang bersumber dari motivasi karyawan, semakin karyawan tidak termotivasi pada pekerjaannya maka akan berdampak buruk pada apa yang mereka kerjakan, sebaliknya jika motiviasi karyawan muncul maka apapun yang mereka kerjakan akan menghasilkan pekerjaan yang optimal. Inilah sebabnya mengapa motivasi karyawan adalah salah satu masalah terbesar manajemen. Tidak peduli seberapa besar atau kecil sebuah organisasi, motivasi karyawan selalu menjadi salah satu tujuan bagi semua pengusaha. Oleh karena itu perusahaan perlu menyeimbangkan antara tujuan perusahaan dan keinginan karyawan. Perusahaan perlu belajar bagaimana menyesuaikannya. Banyak keuntungan yang didapat perusahaan ketika karyawan termotivasi, diantaranya:

Dapat menangani ketidakpastian: Karena karyawan yang termotivasi akan lebih terlibat dan lebih percaya diri dalam apa yang mereka lakukan. Akibatnya, mereka tahu bagaimana bereaksi dalam situasi sulit.

Lebih pandai dalam pemecahan masalah: Pemecahan masalah adalah salah satu keterampilan teratas yang dicari seorang atasan dalam diri karyawan. Jika karyawan termotivasi, mereka akan bekerja lebih keras untuk menyelesaikan masalah dan tantangan yang ada.

Lebih kreatif dan inovatif: Karyawan yang termotivasi akan memunculkan ide-ide inovatif yang dapat membantu mengoptimalkan kinerja bisnis.

Proaktif: Karyawan yang termotivasi akan lebih proaktif mencari solusi baru untuk mengatasi tantangan sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Mereka tidak menunggu umpan balik dan akan mengevaluasi pekerjaan mereka sendiri.

Lebih produktif: Produktivitas dalam bekerja timbul karena adanya motivasi. Oleh karena itu, perusahaan dengan karyawan yang termotivasi akan lebih produktif daripada yang lain.

Dapat memahami tujuan perusahaan dengan lebih baik: Karyawan yang termotivasi akan lebih memahami tujuan perusahaan sehingga mereka akan bekerja keras untuk mencapai kesuksesan perusahaan secara keseluruhan. Mereka selalu ingin memahami apa misi, visi, dan tujuan perusahaan.

Bekerja untuk mencapai tujuan mereka sendiri: Sementara memahami tujuan perusahaan, karyawan yang termotivasi juga sangat baik dalam memahami dan mencapai tujuan mereka sendiri.

Post a Comment